Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Penerbit : PT. Merdeka Info Nusantara - Nomor AHU : 0031338-AH.01.01 Tahun 2022 - Ujung Pena : 0706220035869

Iklan

Iklan

SMP Citra Madani, Gelar Ujian Kenaikan Tingkat Pramuka, Mandiri Dan Bertanggung Jawab

2/03/2024 | Sabtu, Februari 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-03T08:35:02Z

Kabupaten Tangerang Kabanonline. com - Pramuka Sekolah Menengah Pertama (SMP) Citra Madani yang berlokasi Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang Gugus depan Putra 15225 dan Putri 15226.Gelar kegiatan kenaikan tingkat untuk Pramuka hari Sabtu (03/02/2024)pagi di halaman utama SMP Citra Madani. 


Di Sekolah Menengah Pertama (SMP ) Citra Madani yang berada diKecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang. Ekstrakurikuler Pramuka dilaksanakan setiap hari Rabu dengan perserta mulai dari Kelas 7 dan 8 SMP Citra Madani. 


Kegiatan kenaikan tingkat tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pramuka di SMP Citra Madan,dimana anggota pramuka Kelas 7 penggalang Ramu naik ke penggalang Rakit, sedangkan Anggota Kelas 8 penggalang Rakit naik ke penggalang Terap.yang dikoordinatori Pelatih Pramuka Rustomi dan Pembina Pramuka Muhamad Saparudin, S. Pd


Rustomi,mengatakan ujian kenaikan tingkat merupakan syarat bagi anggota pramuka penggalang yang tergabung di regu Pasti untuk menjadi pramuka dari penggalang tingkat ramu menjadi rakit dan rakit menjadi terap dan mereka wajib mendapatkan 10 tanda tangan dari penguji tanda menyelesaikan ujian." terang Rustomi. 


“Ujian kenaikan tingkat merupakan suatu syarat untuk kenaikan tingkat bagi anggota pramuka, bagi pramuka penggalang ada 3 tingkat yaitu pramuka ramu, rakit dan terap dengan syarat kelulusan mendapat 10 tanda tangan di buku Syarat Kecakapan Umum (SKU) tanda menyelesaikan ujian,” kata Rustomi. 


Ia juga menjelaskan pelaksanaan ujian, setiap anggota diharuskan menyelesaikan 10 materi ujian yang diberikan pelatih diantaranya tentang sejarah Bapak Pandu Internasional Baden Powell, Sejarah Pramuka Indonesia, Praktek semaphore, menuliskan macam-macam sandi dan praktek 12 dasar baris-berbaris dan macam-macam simpul serta memberikan penjelasan penggunaan simpul yang tepat.


Selain itu ada perbedaan tingkat materi uji bagi Pramuka tingkat ramu yang akan naik ke tingkat rakit terutama di bidang uji sandi, mereka harus menuliskan sandi kotak satu sampai tiga, sandi AZ dan Sandi Morse sedangkan untuk tingkat rakit yang akan naik ke tingkat terap mereka di haruskan menuliskan sandi angka satu dan dua, sandi rumput dan kimia." jelas Rustomi. 


Sementara Muhamad Saparudin, S. Pd Pembina Pramuka SMP Citra Madani Mengatakan tujuan di adakan kegiatan ini untuk melatih anak belajar mandiri dan tidak menggantungkan ke orang tua nya, minimal anak itu bisa mengurus diri sendiri.


Ia juga berharap untuk para anggota pramuka SMP Citra Madani yang berhasil serta lulus dalam mengikuti kegiatan kenaikkan tingkat pramuka bisa diterapkan di lingkungannya dan bagi anggota yang belum berhasil agar besungguh-sungguh untuk mempelajari materi ujian tersebut." pungkasnya. 


×
Media Kaban Online